Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Dengan Metode Speaking


Untuk bisa menguasai bahasa asing khususnya bahasa inggris, maka langkah pertama yang sangat perlu dilakukan adalah dengan membiasakan berlatih secara rutin. Hal itu bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan kemampuan anda baik dalam menyimak, melafalkan, membaca ataupun juga menuliskan bahasa inggris. Berbagai cara bisa anda lakukan dengan mudah, baik itu secara formal maupun informal. Hal tersebut tentu saja bisa membuat anda menjadi cakap dalam memahami lebih lanjut bahasa inggris, bahkan secara tidak langsung anda bisa dengan mudah menambah perbendaharaan kata demi kata yang anda kuasai

Berbagai cara bisa dilakukan, tentu untuk bisa membuat anda lebih mudah dalam penguasaan bahasa inggris, salah satunya dengan lebih mempertajam kemampuan Speaking atau berbicara bahasa. Untuk bisa meningkatkan kecakapan anda dalam berbahasa inggris yang tentunya memiliki sifat yang sangat produktif, perlu hal lain seperti halnya dengan proses menyimak. Sejalan dengan hal tersebut maka kemampuan anda dalam melafalkan atau biasa juga dikenal dengan istilah pronounce, bisa berkembang dengan sangat drastis apabila konsisten dilakukan.


Mengawali Metode Speaking
Anda bisa menggunakan media perekam untuk bisa mengoreksi sebuah tutur kata yang salah dan juga terus menerus melakukan pelafalan supaya lebih benar. Maka dengan hal tersebut secara otomatis anda juga bisa memahami makna kata yang anda ucapkan. Berikut adalah sebuah upaya yang bisa meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris anda:

  • Membiasakan untuk melafalkan kata, apabila terjadi kesalahan terus tingkatkan pelafalan nya secara konsisten dan benar dengan di dampingi rekan atau melalui alat perekam.
  • Membiasakan untuk memberi tekanan tertentu terhadap kata, selain itu penting juga untuk mencermati intonasi.
  • Membiasakan untuk mengurutkan kata terstruktur di dalam sebuah kalimat
  • Membiasakan untuk menggunakan sinonim bahasa untuk menambah perbendaharaan kata yang dikuasai.
  • Membiasakan untuk mencermati apa yang ingin dikatakan supaya tidak terbelit-belit, dengan begitu ide pokok bisa dipahami oleh lawan bicara. Istilah tersebut sering dikenal dengan main sentence constituente
  • Membiasakan untuk meracik kalimat yang selaras dengan sebuah topik, dengan ini maka topik yang akan dibahas alurnya mudah di ikuti.


Apabila langkah-langkah tersebut telah coba dilakukan maka untuk mengasahnya anda bisa meningkatkan lagi cara pengucapan atau pronounciation dengan metode yang efektif seperti berikut.


  • Mulailah untuk melatih bicara sendiri dengan merekamnya secara konsisten, hal tersebut bisa mengawali dulu dengan memahami sebuah artinya yang ditulis dan dibaca dengan suara nyaring dilanjutkan dengan berlatih monolog.
  • Mulailah untuk latihan berkomunikasi secara tatap muka dengan rekan anda, semakin fasih lawan bicara anda maka anda bisa semakin cepat bisa fasih.
  • Mulailah untuk mencoba melakukan obrolan santai melalui telepon atau video call
  • Mulailah untuk melafalkan dengan benar lagu berbahasa Inggris
  • Mulailah untuk sering melakukan diskusi  dengan bahasa Inggris
  • Mulailah untuk mengingat dan menghafal idiom bahasa Inggris yang familiar dan sering digunakan

Tolong Bagikan Ini