.
Seorang penjual dikatakan terampil dan professional dalam menjual jika:
5. Display a/ pemajangan dagangan barang dagangan.
6. Pasar a/ sarana efektif untuk menyebarkan suatu pesan. Karena bersipat informasi dan persuatif. Pasar sebagai sarana komunikasi yang membuat konsumen atau pelanggan ingat dan mengerti
7. Promotion Mix
b. Personal Selling a/ sebuah bentuk penyajian secara lisan suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon calon pembali dengan tujuan meningkatkan terwujudnya penjualan produk
c. Promosi penjualan Sales Promotion a/ segala kegiatan pemasaran, selain personal selling, advertensi dan publisitas untuk merangsang pembelian barang perusahaan
d. Publisitas a/ untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara nonpersonal yang bersipat komersial
Seni Menjual, Teknik Promosi Dan Kepuasaan Pelanggan
Ilmu menjual sesungguhnya merupakan ilmu
yang dapat digunakan di terapkan dalam kehidupan sehari_sehari .ilmu menjual
(salesmanship),yaitu suatu seni untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia
membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Menurut J.S Konok ilmu menjual a/
suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya mau membeli
barang barang yang kita tawarkan dengan cara yang saling menguntungkan.meski
tidak sebelumnya tidak dipikikan oleh calon pembeli untuk membeli barang
itu,tetapi pada akhirnya tertarik untuk membelinya.
Seorang penjual yang berhasil
karena ia telah di karuniai bakat istimewa sejak lahir untuk menjadi penjual yang berhasil.
Ilmu menjual bermanfaat
untuk:
1.Memperlancar
tugas penjual dalam melakukan kegiataan perdagangan
2.
penjual dapat mengatasi segala macam tanngtangan atau hambatan yang kadang
timbul di tengah kegiatan jual beli
3.membantu
penjual dalam mengatasi persaingan yang semakin ketat baik di dalam negri
maupun di luar negri
4.meningkatkan
omzet penjualan
Dalam dunia penjualan, ada berbagai
macam teori yang berkaitan dengan tehnik tehnik menjual. Teori imi mengajarkan
bagaimana cara mengawali dan mengakhiri proses penjulan dengan sukses.diawali
dengan cara menarik minat pembeli hingga
memberikan kepuasan pembeli terhadap produk yang ditawarkan. Satu diantaranya
teori AIDAS, yaitu:
1.
Attetion(perhatian)penjual harus berusaha agar calon pembeli
memperhatikan penawaran yang di.akukan calon pembeli.
2.
Intereset(minat), penjual harus mengubah perhatian calon pembeli
tersebut menjadi minta yang semakin kuat.
3.
Desire(keinginan),meyakinkan pembeli dengan menjelaskan keuntungan
yang akan didapat calon pembeli apabila calon pembeli membeli produk yang
ditawarkan serta kerugian yang akan didapat jika tidak membeli produk tersebut.
4.
Action(tindakan), meyakinkan kepada pembeli bahwa keputusan untuk
membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan yang tepat.
5.
satisfaction(kepuasan),bahwa kualiats produk yang ditawarkan harus
sesuia dengan apa yang dijelaskan.
Seorang penjual dikatakan terampil dan professional dalam menjual jika:
1.memeliki
kemampuan menjual yang memuaskan pembeli
2.memiliki
kebanggaan tehadap propesi
3.mau
belajar untuk menambah pengetahuan dalam menjual
4.memiliki
standar exstra yang tinggi dalam menjual
5.tidak
menyalahi janji jika menjual
6.memahami
bahwa pekerjaan menjual berarti melayani
7.menjaga
keutuhan pribadi dan kemerdekaannya dalam menjual
Beberapa sifat yang harus memiliki
oleh para penjual yang baik,antara lain:
1.mampu
berkomunikasi
2.penuh
inisiatif
4.penuh
perhatian
5.tidak
mudah putus asa
6.menarik,supel
dan selalu gembira
7.sopan
santun
8.ketajaman
daya ingat
9.bijaksana
Faktor Faktor yamg dapat mempengaruhi
kepuasan pelanggan atau konsumen, yaitu:
a.kualitas
produk
b.harga
c.kualitas
pelayanan
d.faktor
emosional
e.kemudahan/fasilitas
yang didapat
Teknik Promosi
Promosi(promotion)a/
arus informasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau
organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Persaingan usaha yang terjadi sekarang ini sangat berat dan kompetitif,
konsumen pun semakin selektif dalam memilih dan membeli barang. Untuk itu di
perlukan upaya perubahan agar konsumen semakin tertarik dengan produk kita maka
di perlukan promosi yang efektif. Selain itu, dengan melakukan promosi,
perusahaan akan mendapat berbagi keuntungan, di antaranya:
1.
Meningkatkan omzet penjualan dan
produksi pun semakin meningkat
2.
Mengingatkan kepada konsumen tentang
produk yang kita miliki
3 Membuat produk menjadi terkenal dan
dikenal oleh masyarakat
4.
Meningkatkan laba/profit perusahaan
5.
Memperpendek piutang piutang yang
diberikan perusahaan
6. Membentuk
product movies dan patronage movies
7. Meningkatkan
barang barang perusahaan agar menjadi terkenal
8. Perputaran
modal kerja perusahaan menjadi cepat
Bentuk-Bentuk Promosi
1.
Advertensi: a/ sebuah promotion yang
bersipat media diantara lain radio,TV,majalah surat kabar, dan lain-lain
2.
Personal selling a/ tenaga tenaga
penjual yang disiapkan baik di toko (Pramuniaga)
Atau
pun yang berkunjung ke rumah(salesman)
3.
Sales Promotion a/ berupa daya tarik
bagi konsumen dalam bentuk harga, obral, hadiah, undian-undian kupon, dan lain
sebagainya.
Alat_alat
yang digunakan pada sales promotion, di antara:
a.Sample
gratis
b.kupon/voucher
c.premi/paket
harga
d.cash
back guarantee
e.potong
harga/diskon
f.dispal
product
expo/pameran
h.kontes
i.undian
berhadiah
4. Publicity a/ sejunlah informasi tentang
seseorang, barang atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat ke semua
media tanpa di pungut biaya dan tanpa pengawasan dari sponsor periklanan
5. Display a/ pemajangan dagangan barang dagangan.
Display
ditujukan untuk menarik perhatian para konsumen dan mendorong keinginan para
konsumen untuk memiliki barang dagangan yang dipajangankan
6. Pasar a/ sarana efektif untuk menyebarkan suatu pesan. Karena bersipat informasi dan persuatif. Pasar sebagai sarana komunikasi yang membuat konsumen atau pelanggan ingat dan mengerti
7. Promotion Mix
Teknik
promosi yang dianggap paling baik oleh perusahaan adalah menggunakan bauran
promosi atau promotional mix, yang terdiri atas advertensi, personal selling,
promosi penjualan publisitas, dan sasaran promosi
a.
Advertensi a/ suatu bentuk penyajian
gagasan barang atau jaa yang dibiayai oleh suatu sponsor tertentu yang bersifat
nonpersomal
b. Personal Selling a/ sebuah bentuk penyajian secara lisan suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon calon pembali dengan tujuan meningkatkan terwujudnya penjualan produk
c. Promosi penjualan Sales Promotion a/ segala kegiatan pemasaran, selain personal selling, advertensi dan publisitas untuk merangsang pembelian barang perusahaan
d. Publisitas a/ untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara nonpersonal yang bersipat komersial
Tolong Bagikan Ini